Skuter Elektrik

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memakai Skuter Elektrik

Kebutuhan akan transportasi kini menjadikan masyarakat berbondong-bondong membeli kendaraan jenis mobil maupun motor. Namun semuanya itu dapat menimbulkan permasalahan baru seperti terjadinya polusi. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak orang yang beralih ke skuter elektrik.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memakai Skuter Elektrik

Skuter elektrik memang sebuah kendaraan ramping yang tidak menimbulkan kebisingan, kemacetan maupun populasi udara. Perkara tersebut disebabkan karena mesinnya menggunakan daya listrik. Namun ada beberapa hal harus diperhatikan sebelum menaikinya.

  1. Periksa Kembali Skuter Elektrik Sebelum Memakai

Penggunaan skuter elektrik memang sangat tergantung dari banyaknya daya yang tersimpan di dalam sebuah baterai. Oleh karena itulah, Anda harus secara rutin mengecek apakah listriknya sudah terisi secara penuh. Namun, lebih baiknya untuk mengisi ulang pada waktu malam harinya.

Selain itu, periksa juga pada komponen-komponen yang lainnya. Misalnya saja seperti roda, stang, atau bagian-bagian lainnya. Hal ini dimaksudkan agar ketika mengendarai kendaraan ramping ini bisa lancar sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

  1. Pakailah Standar Alat Keamanan

Hal yang harus diperhatikan sebelum menaiki skuter elektrik selanjutnya adalah harus menggunakan standar alat keamanan. Sebab, besar kemungkinan pengendara akan melewati jalan raya dengan banyaknya kendaraan lalu lalang lainnya.

Selain itu mestinya juga tanpa disadari akan melewati sebuah lubang kecil di jalanan. Oleh karena itulah pemakaian helm serta pelindung siku dan lutut sangat diperlukan guna mencegah cedera jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Harus Memperhatikan Kecepatan

Penggunaan skuter elektrik memang menjadi sarana alternatif seseorang ketika hendak menuju ke suatu tempat. Selain hemat bahan bakar minyak bumi, juga mengurangi resiko terjadinya polusi udara. Dengan demikian kondisi lingkungan akan lebih segar dan nyaman.

Namun, sebagai pengendara kendaraan ramping tersebut janganlah menggunakan kecepatan tinggi. Para penggunanya sendiri disarankan untuk menggunakan kecepatan maksimal 15 KM/Jam. Sebab kondisi jalanan ada kalanya rata dan berlubang sehingga sangat beresiko jika tidak hati-hati.

  1. Pasangkanlah Lampu Ketika Malam Hari

Kendaraan skuter elektrik memang belum terpasang sebuah lampu agar bisa menjadi penerang di malam hari. Hal tersebut mengharuskan para pengendaranya untuk memasangkan suatu alat yang dapat menyala ketika kondisi gelap.

Selain itu, gunakanlah pakaian yang terang ketika ingin mengendarai skuter elektrik di malam hari. Hal ini juga akan memudahkan para pengendara lain mengetahui bahwa ada orang di depannya. Dengan demikian akan meminimalkan terjadinya resiko kecelakaan karena tertabrak.

  1. Selalu Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

Sebagai pengendara skuter elektrik tentunya harus mengikuti setiap aturan yang diberlakukan ketika mengendarai motor maupun mobil. Misalnya saja harus berkendara pada sebelah kiri jalan, dan juga harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas lainnya.

Namun, para pengendara skuter elektrik dianjurkan untuk melewati jalanan yang tidak terlalu ramai lalu lalang kendaraan besar. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan karena kebanyakan pengendara mobil maupun motor memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

  1. Jangan Menaiki Skuter Elektrik Sambil Boncengan

Kendaraan mungil satu ini memang diberlakukan untuk satu orang saja. Jadi, tidak dianjurkan untuk membonceng teman maupun pacar karena akan terjadi over muatan sehingga akan terjadi ketidak seimbangan saat menaikinya.

Selain itu, beban yang melebihi kapasitas maksimal skuter elektrik akan perlahan merusak komponen yang ada di dalamnya. Sebab, ketika mesinnya berjalan akan lebih memaksakan tenaga sehingga baterai sebagai penyimpan daya listrik lebih cepat boros.

Demikianlah hal yang perlu diperhatikan ketika menaiki skuter elektrik. Jadi, pakailah kendaraan mungil satu ini dengan benar dan bijak agar tetap aman dan nyaman.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *