Cara Menurunkan Kadar Kolesterol, Batasi Asupan Lemak Jenuh dan Perbanyak Konsumsi Serat

Simak cara mudah menurunkan kolesterol, batasi asupan lemak jenuh dan perbanyak konsumsi serat. Tubuh memang membutuhkan kolesterol untuk membangun sel yang sehat, namun jika berlebihan akan memicu penimbunan lemak pada pembuluh darah. Timbunan lemak tersebut selanjutnya bisa memicu penyumbatan arteri.

Kondisi ini bisa menghambat peredaran darah, bahkan menyebabkan pembuluh darah pecah hingga menyebabkan serangan jantung dan stroke. Lantas bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol? Selain menggunakan obat medis, Ahli kardiologi dari Cleveland Clinic, Leslie Cho, mengatakan ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol.

Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menghindari konsumsi lemak tak sehat (lemak jenuh) dengan pilihan lemak yang menyehatkan, yakni lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Itulah sebabnya, kita harus membaca label makanan dengan teliti sebelum mengonsumsinya. "Kita harus membatasi asupan lemak jenuh. Jangan mengonsumsinya lebih dari 2 gram per porsi dan itu harus mencakup kurang dari 7 persen dari asupan kalori harian," ujar Cho.

Lemak jenuh paling sering ditemukan dalam minyak sawit dan minyak kelapa, serta produk hewani seperti daging sapi, babi, dan kulit ayam. Cho merekomendasikan agar kita mengonsumsi 25 hingga 35 gram serat setiap hari. Pasalnya, serat mengikat kolesterol dan membantu menghilangkannya dari tubuh.

Untuk meningkatkan asupan serat, kita bisa lebih banyak mengonsumsi kacang kacangan, sayuran dan buah buahan. Tak hanya menurunkan kolesterol, dengan mengonsumsi cukup serat juga bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, mencegah sembelit dan membuat kita kenyang lebih lama. Fitosterol merupakan senyawa yang ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti biji bijian serta banyak sayuran, buah buahan, dan minyak nabati.

Senyawa ini dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus. Dengan cara tersebut, tingkat kolesterol ditubuh juga akan menurun. Fitosterol dapat ditemukan dalam margarin, saus salad, dan suplemen makanan.

Ikan dengan daging mengandung minyak seperti salmon, tuna, dan mackerel juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Cho juga merekomendasikan kita agar mengonsumsi jenis ikan tersebut minimal dua porsi per minggu. (*/LLA)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *