Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6: Tema 2 Subtema 3 – Matematika (Halaman 125 – 129)

Berikut inikunci jawaban BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas IV SD/MI Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3. Kali ini, Tema kedua mengenai Selalu Berhemat Energi, sedangkanSubtema 1 berkaitan dengan Sumber Energi. Dalam artikel ini, terdapat kunci jawaban halaman21, 23, 24, 25 dan 26 untuk Pembelajaran 3.

Untuk pembahasan Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Sebelum melakukan permainan, lakukan pemanasan terlebih dahulu bersama gurumu. Perhatikan arahan dari gurumu tentang teknik melempar dan menangkap bola dengan baik, khususnya teknik melempar bola dengan melambung.

Setelah kamu melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru dan temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah teknik gerakan dengan gurumu. Setelah melakukan kegiatan, diskusikanlah hal berikut dengan teman dalam kelompokmu. Apakah kamu dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan baik?

Jawab: Iya, Saya dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan baik. Dikarenakan guru kami membimbing dengan baik.

Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan. Jawab: Siswa lain dapat teman dapat melakukan melempar dan menangkap bola cukup baik.

Alasannya, karena selain dibimbing oleh guru, para murid juga saling bantu satu sama lain untuk belajar melempar dan menangkap bola. Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola? Jawab:

Agar keterampilan dalam melempar dan menangkap bola dapat meningkatkan, maka perlu melakukan Latihan. Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan? Jawab:

Saya akan berusaha berlatih dan mencoba teknik melempar bola secara maksimal. Bawa kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup. Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas, tuangkan air ke bagian atas baling baling.

Perhatikan apa yang terjadi! Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua kincir tersebut dengan temanmu. A. Persamaan kedua kincir

Jawab: Kedua kincir dapat bergerak karena adanya energi kinetik. Kemudian, sama sama menggunakan alat sederhana dan cukup mudah untuk dibuat, serta tidak menghasilkan polusi.

B. Perbedaan kedua kincir Jawab: Perbedaannya, kincir air digerakkan menggunakan tenaga air, kincir angin digerakkan oleh angin.

Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil pengamatanmu pada tabel berikut. (tabel pada buku) Jawab: Proses kerja kincir angin

Kincir angin mempunyai titik tumpu(poros) pada tengah diameternya dan memiliki bilah. Bilah kincir akan bergerak jika ditiup angin. Sementara kencang angin ditiupkan, maka semakin cepat kincir berputar.

Proses kerja kincir air Ketika air mengalir mengenai kincir, maka kincir akan berputar pada porosnya. Semakin kuat air mengalir mengenai kincir, maka kincir air akan berputar.

Kamu dapat memasang kincir yang telah kamu buat di halaman sekolah. Kapan kincirmu berputar? Kincir Angin akan berputar saat baling balingnya tertiup angin. Semakin kuat angin berhembus, maka kincir angin akan semakin kuat berputar. Kincir air akan berputar saat kincirnya dialiri oleh air yang mengalir. Semakin kuat air mengalir, maka kincir air akan semakin kuat berputarnya.

Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan! Jawab: Jawaban sesuai hasil percobaan siswa yang telah dilakukan.

Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu. 1. Apa sumber energi kincir angin? Jawab:

Energi angin. 2. Bagaimana kincir angin bisa berputar? Jawab:

Cara kerja kincir angin adalah kincir angin dapat berputar jika angin meniup bilah kincir, kemudian menggerakkan poros kincir sehingga kincir angin dapat berputar. 3. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari hari? Jawab:

Sebagai pengubah energi angin menjadi energi gerak pada penumbuk padi, Pembangkit listrik Kemanfaatan energi yang ramah lingkungan

Membantu penyaluran air dalam irigasi 1. Tuliskan lima manfaat kincir angin dan kincir air dalam kehidupan sehari hari? Jawab:

Manfaat kincir angin Sebagai pembangkit listrik. Membantu penyaluran air dalam irigasi.

Membantu proses penggilingan hasil pertanian, seperti padi dan gandum. Membantu proses pemotongan kayu. Manfaat kincir air Sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Dapat dijadikan sebagai objek wisata. Membantu proses irigasi untuk pertanian dan perkebunan. Sebagai pengering laut.

Untuk membantu menggiling hasil pertanian. 2. Menurutmu apakah pelajaran hari ini bermanfaat dalam kehidupan sehari hari? Jelaskan. Jawab:

Ya, Pelajaran hari ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. Dikarenakan kita dapat mengetahui cara kerja dari kincir angin dan kincir air, serta manfaatnya. Buatlah kincir angin baru bersama orang tuamu dengan menggunakan berbagai macam kertas, seperti kertas koran, majalah, atau kertas kado. Pasanglah kincirmu di halaman rumah.

Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak. 1. Edo membeli 1 lusin donat yang ditempatkan dalam sebuah kotak. Donat tersebut terdiri dari 2 donat rasa stroberi, 3 donat rasa cokelat, 6 donat rasa moka, dan 1 donat rasa keju. Tulislah presentase untuk masing masing rasa donat tersebut pada tabel!

Stroberi : 2 /12 x 100% = 16,67% Cokelat : 3 / 12 x 100% = 25% Moka : 6 / 12 x 100% = 50%

Keju : 1 / 12 x 100% = 8,33% 2. Di area parkir terdapat 60 kendaraan yang terdiri atas 20 mobil sedan dan 10 mobil truk, sisanya adalah sepeda motor. Berapa persentase motor dari seluruh kendaraan yang ada di area parkir?

Jumlah motor : 60 – (20+10) = 30 Jumlah motor / jumlah seluruh kendaraan x 100% 30 / 60 x 100% = 50%.

Maka, persentase motor dari seluruh kendaraan yang ada di area parkir adalah 50%. 3. Siswa di kelas Siti ada 30 orang. Hari ini guru membagikan hasil ulangan matematika kepada seluruh siswa. Sepertiga siswa mendapat nilai 8, tiga siswa mendapat nilai 6, delapan siswa mendapat nilai 7, enam siswa mendapat nilai 9, dan tiga siswa mendapat nilai 10. Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 6?

Jumlah siswa dengan nilai 6 / jumlah seluruh siswa x 100% / 30 = 1 / 10 / 10 x 100% = 10%

Jika digabungkan, berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 7 dan 8? (Jumlah siswa dengan nilai 7 + jumlah siswa dengan nilai 8) / jumlah seluruh siswa x 100% (8 + 10) / 30 = 18 / 30 = 3 / 5

/ 5 x 100% = 60% Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 9? Jumlah siswa dengan nilai 9 / jumlah seluruh siswa x 100%

/ 30 = 1 / 5 / 5 x 100% = 20% Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 10?

Jumlah siswa dengan nilai 10 / jumlah seluruh siswa x 100% / 30 = 1 / 10 / 10 x 100% = 10%

1. Ayah membeli celana seharga Rp150.000,00. Ayah mendapat diskon 15%. Berapa Ayah harus membayar? 100% 15% = 85% 85 / 100 x 150.000 = 127.500.

Maka, Ayah harus membayar Rp 127.500,00. 2. Dayu akan liburan ke Bali bulan depan. Karena memesan tiket lebih awal, ia mendapat potongan sebesar 25%. Harga tiket sebelum diskon adalah Rp600.000,00. Berapa harga tiket yang harus dibayarkan Dayu? 100% 25% = 75%

75 / 100 x 600.000 = 450.000. Maka, harga tiket yang harus dibayarkan Dayu adalah Rp 450.000,00. 3. Udin membeli 1 set krayon di sebuah toko buku. Ia mendapat potongan sebesar Rp12.000,00. Jika harga krayon sebelum mendapat potongan adalah Rp36.000,00, berapa persen udin mendapat potongan?

12.000 / 36.000 x 100% = 33,3% Maka, Udin mendapat potongan sebesar 33,3%. 4. Buatlah soal cerita sendiri tentang persen. Tukarkan soal yang kamu buat dengan teman. Mintalah teman tersebut menjawab soal yang kamu buat.

Andri membeli handphone kepada Linda. Karena Andri adalah teman dekatnya, Linda memberikan potongan harga sebesar 20%. Berapa harga handphone tersebut setelah mendapat potongan? *) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *