Khabib dan GSP Berhak Pensiun, Jangan Memaksa Mereka Bertarung Kembali di Octagon

Terdapat berbagai isu pembicaraan yang sempat mengemuka tentang pertarungan potensial antar juara dunia UFC, Khabib Nurmagomedov dan Georges St Pierre (GSP). Hanya saja peluang untuk merealisasikan pertarungan super tersebut semakin sulit untuk direalisasikan. Apalagi Khabib yang berstatus sebagai juara UFC kelas ringan baru saja memutuskan pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya tersebut.

Petarung asal Dagestan itu telah memutuskan pensiun tepat pasca kemenangan melawan Justin Gaethje dalam gelaran UFC 254. Menyikapi situasi tersebut, salah seorang pelatih ternama MMA bernama Firas Zahabi memberikan tanggapan yang elegan. Zahabi berpandangan bahwa Khabib maupun GSP tidak boleh mendapatkan tekanan dari siapapun untuk kembali bertarung di Octagon.

Keduanya berhak menikmati masa pensiunnya, dan semua orang perlu menghormati keputusannya tersebut. "Dengar, Khabib sudah pensiun, Georges pun juga sudah pensiun, saya senang melihat mereka pensiun," ujar Zahabi dilansir Bloodyelbow . Lebih lanjut, Zahabi tidak berani misal membujuk GSP untuk melakoni comeback di ring pertarungan.

Apalagi GSP terlihat masih berlatih setiap hari sebagai bagian dari gaya kehidupannya sebagai mantan petarung kelas dunia. Hal yang sama berlaku untuk Khabib yang juga memiliki pintu terbuka untuk kembali setelah dia pensiun pada puncak kariernya. "Saya tidak ingin terlalu terlibat, saya tidak ingin menelepon GSP dan berkata, kenapa kamu tidak turun dari lokasi syuting," canda Zahabi.

"Mengapa anda tidak menghentikan semua proyek ini, meninggalkan keluarga, menangguhkan kehidupan pribadi, dan kembalilah ke kamp pelatihan,". "Saya tentu tidak tega memintanya melakukan hal tersebut," tukasnya menambahkan. Lebih lanjut, Zahabi menganggap pihak yang bersangkutanlah yang lebih berhak memutuskan hal tersebut.

"Dia harus melakukannya sendiri, jika dia ingin melakukannya, itu harus datang dari lubuk hati yang terdalam," sambung Zahabi. "Orang itu telah menulis cerita sendiri, GSP melakukannya, Khabib juga telah melakukannya,". "Saya tidak berpikir bahwa kita harus meminta mereka untuk kembali, percayalah mereka pasti ingin kembali," tukasnya menambahkan.

Alhasil bagi para pecinta MMA, tentu nasehat dari Zahabi untuk menghormati keputusan pensiun Khabib dan GSP dari dunia UFC layak dijadikan acuan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *