Deretan Fakta Sidang Kasus Narkoba Dwi Sasono: Didakwa Dua Pasal, Widi Mulia Tak Dapat Hadir

Inilah deretan fakta sidang perdana kasus penyalahgunaan narkoba yang menyeret aktor Dwi Sasono. Diberitakan sebelumnya, Dwi Sasono ditangkap kepolisian pada 26 Mei 2020 di kediamannya, daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan. Suami Widi Mulia itu kedapatan memiliki 16 gram narkotika jenis ganja.

Dwi Sasono telah menjalani sidang perdana kasus narkoba di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (3/9/2020). Sidang tersebut beragendakan pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum. Acara berlangsung secara virtual dengan tidak mendatangkan langsung Dwi Sasono.

Ada sejumlah fakta yang terangkum dalam agenda sidang perdana ini. Termasuk dakwaan yang diarahkan pada Dwi Sasono, hingga kondisi sang artis. Apa saja faktanya?

Kompas.com telah merangkum beberapa fakta mengenai sidang perdana aktor Dwi Sasono sebagai berikut. Jaksa Penuntut Umum membacakan dua pasal alternatif kepada aktor Dwi Sasono lantaran terbukti secara sah memiliki dan menggunakan narkoba berjenis ganja. Dua pasal itu ialah pasal 111 ayat 1 atau Pasal 127 ayat 1.

“Berdasarkan hasil laboratoris, benar barang bukti tersebut adalah ganja yang masuk ke dalam golongan satu nomor urut 8 UU Narkotika dan terdakwa tidak mengantongi izin sah departemen kesehatan RI atau pihak yang berwenang dalam menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, meguasai atau menyediakan ganja tersebut,” kata JPU membacakan dakwaan. “Oleh karenanya, terdakwa didakwa dengan Pasal 111 ayat 1 Undang Undang Narkotika, atau kedua, didakwa Pasal 127 ayat 1 (a) Undang Undang Narkotika,” tambah Jaksa Penuntut Umum. Meski Jaksa Penuntut Umum memberikan dakwaan dua pasal alternatif, Dwi Sasono tak mengajukan keberatan.

Menurut Aris Marasabessy, pasal yang disangkakan oleh Jaksa untuk Dwi Sasono sudah sesuai. Oleh karena itu, menurutnya tak perlu ada keberatan lagi. Begitu juga Dwi Sasono yang sudah menerimanya. “Alhamdulillah sidang perdananya DS sudah diadakan dengan agenda dakwaan.

Dari dakwaan kami tidak perlu mengajukan keberatan karena memang sudah sesuai dengan pasal pasal yang disangkakan,” tutur Aris. “Namun, terkait dengan Pasal 111 ayat 1 kami mungkin tidak terlalu ini tapi cuma memang kami melihat bahwa ada Pasal 127 ayat 1 dalam dakwaan JPU,” sambung Aris. Widi Mulia tak terlihat dalam sidang perdana Dwi Sasono yang berlangsung secara virtual. Dwi Sasono hanya didampingi oleh kuasa hukumnya.

“Kebetulan Mbak Widi tidak hadir di pengadilan,” ujar Aris Marasabessy. Aris berujar bahwa Widi Mulia kerap kali mendampingi Dwi Sasosno di RSKO Cibubur, Jakarta Timur. “Tapi Mbak Widi mendampingi beliau di RSKO.

Saya dengar sih begitu,” ucap Aris Marasabessy lagi. Selain itu, Aris Marasabessy juga menjelaskan kondisi terkini dari aktor Dwi Sasono. Aris berujar kondisi aktor berusia 40 tahun itu baik baik saja. Bahkan saat putusan nanti, Dwi Sasono sudah siap kembali terjun ke dunia hiburan.

"Saat ini DS (Dwi Sasono) sehat, Alhamdulillah mengikuti program dengan baik. Kami juga mendengar bahwa dia mengikuti semua program yang telah direncanakan oleh RSKO," tutur Aris.

“Dan kami kira beliau sudah siap untuk kembali beraktivitas, Kalau seandainya sudah ada putusan dari majelis hakim,” ujar Aris menambahkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *