Lego Block

Cara Agar Anak Aman Bermain Lego Block

Salah satu mainan yang bisa dimainkan oleh segala jenis usia yaitu lego block. Mengapa demikian? Hal itu terjadi karena disebabkan bahwa permainan lego ini memang bisa disesuaikan dengan segala usia dari si anak.

Sementara untuk lego – lego tertentu yang memiliki karakter lain pun juga bisa dijadikan koleksi bagi para ayah dan juga ibu. Namun sayangnya disini selain lego rawan sekali terinjak, mainan tersebut juga rentan tertelan.

Terutama di sini bagi para balita yang sebagian besar masih berada di fase oral. Oleh karena itulah, agar nantinya anak – anak Anda tetap aman ketika bermain lego, maka penting untuk mengetahui cara agar anak dapat bermain lego dengan aman. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk Anda sebagai ibu agar si anak aman dalam bermain Lego Block, antara lain yaitu :

Bagaimana Cara Agar Anak Aman Bermain Lego ?

 

  1. Memilih Lego dengan Ukuran Besar

Agar nantinya anak Рanak Anda dirumah aman bermain lego, maka cara yang bisa dilakukan yaitu dengan Anda memilih lego dengan ukuran  yang besar. Dalam hal ini Anda bisa memilih lego block yang memiliki ukuran cukup besar. Sehingga nantinya tidak akan tertelan oleh balita Anda di rumah.

Sekalipun disini anak-anak mungkin masih akan mencoba memasukkan lego – lego tersebut dalam mulutnya, namun resiko tertelan akan jadi lebih diminimalisir ketika ukuran dari lego tersebut cukup besar. Karena itulah, mulai saat ini beli lego dengan ukuran yang lebih besar.

  1. Dampingi Anak Ketika Bermain

Cara berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan Anda mendampingi anak ketika mereka tengah bermain lego tersebut. Hal tersebut sangatlah penting karena nantinya Anda sebagai orangtua dapat mengawasi apakah anak – anak Anda tengah mencoba memasukkan lego ke mulut mereka atau tidak.

Dengan begitu kemungkinan besar nantinya mereka menelan lego – lego tersebut juga bisa dicegah. Anda hanya cukup untuk memastikan lingkungan nantinya minim oleh gangguan, sehingga perhatian Anda akan tetap terpusat pada si anak.

Waktu-waktu di mana Anda menemani anak Anda bermain lego bisa juga menjadi momen tepat atau quality time antara ibu dan anak. Ketika Anda mendampingi mereka untuk bermain, maka ikutilah imajinasi si kecil. Dengan begitu nantinya si kecil akan jadi lebih bersemangat lagi ketika mereka bermain lego.

  1. Rapikan Lego Setelah Dimainkan

Setiap kali Anda selesai bermain menggunakan lego, maka ajaklah si kecil untuk segera membereskan mainan mereka. Selain dapat mengajarkan anak mengenai kedisiplinan, hal tersebut dilakukan juga untuk dapat mencegah mainan lego ditelan oleh mereka ketika berada diluar pengawasan.

Oleh karena itulah, perlu bagi Anda segera membereskan semua lego-lego yang baru selesai dimainkan oleh si kecil ke sebuah tempat yang khusus dan aman. Anda bisa gunakan kardus dengan ukuran besar dan meletakkan lego tersebut jauh dari jangkauan si kecil. Sehingga dengan begitu mereka akan tetap memainkan lego ketika berada dalam pengawasan Anda.

Itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara bermain lego yang aman untuk si kecil di rumah. Karena seperti kita tahu, anak kecil seringkali suka memasukkan barang-barang apapun ke dalam mulut mereka. Dan tentunya hal itu akan memperbesar kemungkinan nantinya lego akan tertelan. Oleh karena itulah, perlu dilakukan tips-tips di atas supaya si kecil tetap aman ketika mereka bermain lego.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *