3 Aktivitas Anak Untuk Melatih Kecerdasannya

Kecerdasan anak tidak hanya berasal dari genetik, tapi juga berasal dari stimulasi atau aktivitas yang sering dilakukan sehari-hari. Lebih tepatnya, sebagai orang tua penting untuk memberikan aktivitas anak yang dapat meningkatkan kecerdasannya.

Inilah 3 Aktivitas untuk Melatih Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak tidak terlepas dari peran orang tua itu sendiri. Inilah Kenapa sebagai orang tua diharuskan memberikan berbagai aktivitas yang dapat melatih kecerdasan. Berikut ini 3 aktivitas yang bisa dilakukan.

  1. Aktivitas Memori

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan untuk melatih kecerdasan anak yaitu aktivitas memori. Perlu diketahui jika aktivitas anak ini sangatlah penting agar anak mempunyai kemampuan penalaran lebih tajam. Bahkan, bermanfaat juga untuk mempertajam kemampuan dalam berbahasa.

Ada banyak aktivitas memori yang bisa diterapkan seperti teka-teki gambar, teka-teki silang dan lain sebagainya. Beberapa aktivitas tersebut jika dilakukan secara rutin sangat membantu untuk melatih kecerdasan anak. Meskipun sebenarnya cara ini membuat anak merasa sedang bermain.

  1. Memainkan Alat Musik

Ternyata memainkan alat musik juga menjadi salah satu cara untuk melatih kecerdasan anak. Hal ini disebabkan karena memainkan alat musik dapat meningkatkan kerja memori otak menjadi lebih baik.

Bahkan, sudah ada sebuah penelitian yang memberikan hasil Jika seorang musisi cenderung mempunyai memori kerja lebih baik jika dibandingkan non musisi. Lebih tepatnya, lebih sering memainkan alat musik dapat melatih kecerdasan dan memori.

  1. Mempelajari Bahasa Baru

Aktivitas anak selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan yaitu mempelajari bahasa baru. Sedangkan cara mempelajari bahasa baru bisa dilakukan dengan melalui pembicaraan atau menjalin interaksi dengan anak.

Bahkan, pembelajaran bahasa melalui interaksi si mempunyai peranan yang sangat penting terutama selama 24 bulan. Hal ini disebabkan karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak untuk kedepannya.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa aktivitas anak yang bermanfaat untuk melatih kecerdasannya. Tentu dari beberapa aktivitas tersebut bisa diterapkan secara bergantian agar anak tidak merasa bosan. Bahkan, bisa juga menerapkan cara lain seperti kegiatan penalaran.

 

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *